728x90 AdSpace

Info Terkini
loading...
Thursday, 21 July 2016

Tips Jadi Band Terkenal

Lewat jalur indie, sebuah band bisa lebih bebas berekepresi. Kenapa? Karena kamu nggak perlu merasakan tekanan-tekanan yang dirasain sama band-band yang bernaung di bawah major label.


Salah satu tekanan yang paling nggak ngenakin adalah ketika band terpaksa mengesampingkan idealisme bermusik demi memuaskan selera pasar.


Sekilas, bangun sebuah band indie yang sukses itu hal yang gampang. Kamu bisa dapetin fans yang fanatik abis, kamu bisa ngejual musik kamu di iTunes, YouTube, dan melakukan apa yang kamu mau dengan musik kamu.

Bagaimana caranya???

VISI DAN MISI… Memang ini klise, tapi ini dasar. Banyak band yang bubar gara-gara visi dan misi-nya nggak jelas. Mengingat hal tersebut, band kamu harus menciptakan suasana yang komunikatif antar personel. Tau karakter, kemauan, impian dan cita-cita antar personel. Buatlah suasana band kamu tetep fun, walaupun terkadang banyak perbedaan pandangan, tapi justru itu yang membuat band kamu semakin solid dan tau arahnya kemana.

NAMA BAND… Ini penting. Jangan terlalu percaya jargon "apalah arti sebuah nama". Bohong banget kalau seseorang memberi nama untuk anaknya tanpa berpikir terlebih dahulu. Pasti orang tua ingin nama yang terbaik untuk anaknya. Begitu juga dengan band yang akan kamu namai, pikirkan nama band yang sekiranya bisa mewakili karakter dan terbaik untuk band kamu. Kalau masih bingung, buatlah list beberapa nama band, lalu buatlah survey. It's gonna be fun dude!

WARNA MUSIK… Tentukan warna musik band kamu. Cobalah nge-jam di studio, keluarkan uneg-uneg bermusik kamu sebebasnya. Tuangkan berbagai keunikan-keunikan yang ada di setiap personel. Untuk band baru, ada baiknya kamu lebih kreatif dan inovatif. Cobalah mencari alternatif lain dari "musik band-band umum" yang sedang banyak di push banyak media. Tapi bukan berarti kamu melakukan itu karena terpaksa, tapi sesuai dengan karakter masing-masing personel. Kalau membuat band pop, jadilah band pop dengan warna baru, begitu juga dengan genre yang lainnya. Jangan sampai jargon "meramaikan blantika musik Indonesia" berubah jadi "menyeragamkan blantika musik indonesia". Be creative!

PENAMPILAN / PERFORMANCE… Secara musik, bisa bikin lagu sebagusnya. Tapi enggak asyik juga kalau secara visual tampil plain. Bakal bikin boring. Kemudian dia menuturkan pengalamannya nonton konser The Cure, sebagai ilustrasi pendapatnya soal pentingnya tampilan visual sebuah band. Cuma (bisa tahan nonton) sepuluh lagu, setelah itu boring banget. Hanya karena suka sama lagu-lagunya, sebagian penonton bisa bertahan hingga konser berakhir. Nah, hal-hal yang mengundang kebosanan seperti itulah yang mestinya dihindari. Makanya, sering muncul banyak ornamen unik di atas panggung. Dan aksi panggung sudah bisa dipastikan gila-gilaan. Semua itu untuk membuat orang enggak beranjak pergi sampai konser selesai. Kalau yang enggak suka musiknya, bisa menikmati (aksi) panggungnya.

BERKARAKTER… Visualisasi sebuah band, bukan hanya di panggung. Bisa juga muncul lewat video klip. Bahkan lewat pakaian sehari-hari. Kadang para artis itu sendiri tidak terlalu memikirkan bagaimana caranya membangun image karena pencitraan itu terbangun dengan sendirinya. Biasanya, apa yang mereka pakai memang beda, apa yang mereka baca bukan apa yang dibaca orang kebanyakan. Apa yang mereka lakukan, terkadang terbentuk jadi eksentrik.

Setelah lagu, yang penting untuk band adalah attitude!… Attitude merupakan sebuah paket dari gaya dandan sampai sikap mereka sehari-hari. Tapi itu bukanlah sesuatu yang dibentuk, melainkan muncul dari diri mereka sendiri. Masalah visual ini juga bisa menarik sebuah recom untuk mengontrak sebuah band. Alasan pertama untuk mengontrak band, sudah pasti materi lagu. Tapi tentunya banyak hal lain yang perlu dipikirkan. Sedangkan image itu lebih kepada kepentingan untuk fans. Karena tentunya penggemar harus punya bayangan yang sempurna tentang artis idolanya.

MEMBUAT DEMO… Demo pertama kamu haruslah mantap! karena lagu kamu akan jadi "first impression" bagi orang-orang dan banyak pihak terutama media. Matangkan lagu kamu dengan latihan dan briefing yang rutin. Sebelum membuat demo track, buatlah dulu demo 'live'. Demo live biasanya merekam lagu kita selagi latihan. Setelah itu, dengarkan bersama-sama dan cari kekurangannya. Dengan begitu, kamu bisa lebih mematangkan aransemen lagu menjadi lebih mantap. Setelah siap untuk membuat demo track di studio, carilah studio yang punya SDM yang bagus untuk perihal recording, mixing sampai mastering.

MANAGE YOUR BAND… Kalau kamu mulai tidak nyaman dengan mengerjakan perihal managerial sendiri, mulailah mencari manager. Well, singkatnya, tugas utama seorang manager adalah mengurus segala kebutuhan band akan panggung, mengkondisikan keuangan band biar efektif dan stabil, dan yang penting adalah sebagai pihak yang bisa menangani masalah-masalah internal di band. Band yang baik adalah band yang ter-manage dengan baik pula. Carilah manager dari orang-orang terdekat, diutamakan yang tau karakter personel, punya link dan pergaulan yang luas, wawasan musik yang cukup dan yang terpenting adalah orang yang jujur. Itu akan sangat membantu.

PROMOSI, LINK & MOVEMENT! … Mungkin tidak banyak musisi yang tahu tentang proses promosi ini. Tapi secara enggak sadar mereka sudah melakukannya. Contoh paling sederhana adalah pembuatan stiker atau t-shirt bertuliskan nama band mereka. Materi-materi promosi tersebut merupakan salah satu cara membuat nama band mereka dikenal orang. Paling tidak, orang diharapkan pernah membaca nama kita. Bayangkan kita pakai kaos itu, lalu jalan di mal. Weh… berapa ratus orang yang lihat setiap harinya? Di tingkat yang lebih advance, kita mengenal poster, iklan, sampai video klip.

Dan tentunya, semua itu harus dijalankan oleh manajemen yang bagus. Mendengar manajemen, mungkin yang terbayang adalah orang-orang yang serius dan berpikir untuk bisnis. Tapi manajemen band punya sebuah keunikan.

Yang dibutuhkan bukan cuma orang yang mengerti bagaimana jalannya industri musik, tapi juga mengenal band ini luar dalam. Sehingga benar-benar bisa membuat inner beauty dari para artis ini keluar.

Bisa mengatasi konflik yang terjadi dalam band. Atau menjadikan konflik itu sebagai sesuatu yang berguna untuk promosi mereka. Berita perpecahan sebuah band jangan dikira selalu berdampak merugikan.

Gosip macam itu malah bisa menaikkan popularitas sebuah band. Karena dituduh pecah, maka orang ramai-ramai membicarakan dan membeli "album terakhir" itu. Menguntungkan, bukan? Kita sedang membentuk band? Atau sudah punya band? Pada tahap awal, masih wajar kok kalau belum punya semua itu. Tapi paling tidak kita sudah mulai bisa mempersiapkannya. Apalagi kalau band kita umurnya sudah setahun.
Pada usia segitu, biasanya karakter band sudah mulai muncul. Karena recom lebih tertarik pada band yang kelihatan punya karakter dan ciri, maka bagi band-band berusia setahun sudah bisa pamer ke sana. Karakter dan ciri memang kemasan yang paling menarik saat ini.

Buatlah demo band kamu berguna dan di dengarkan. Untuk movement awal kamu bisa membuat account di myspace.com, purevolume.com, friendster dan fasilitas gratis lainnya di internet. Dan untuk media radio, kemaslah demo kamu semenarik mungkin.

Jangan sampai demo kamu tampilannya sama dengan cd-cd kosong yang ada di kantor, karena niscaya demo kamu akan terbuang! Buatlah media merasa dihargai dengan membuat kemasan demo dan profile band yang menarik. Kamu bisa mengemasnya dengan CD interaktif, casing yang menarik (tidak layak buang), profile yang menggugah beserta foto band dengan kualitas bagus sesuai dan image.

CARI PERSONIL YANG SEHATI
Lihat personil kamu apakah sudah sesuai dengan harapan kamu, kalau belum ! jangan ragu 2x untuk mengeluarkannya karena jangan 2X penyebab dari ketidakmajuan Band kamu adalah dari salah satu personil Band kamu, kemudian gantilah dia dengan personil yang memang benar - benar sesuai dengan harapan kamu.

BUANG RASA SIFAT EGOIS KAMU
Mungkin kamu adalah seorang leader / orang yang paling berkuasa dalam band kamu, tapi bukan berarti mentang 2X kamu seorang pemimpin kamu menjadi orang yang sangat arogan & egois karena siapa tahu di balik wajah 2X personil kamu yang terkadang me nyebalkan itu, terdapat pemikiran & ide 2X yang sangat brilian yang tidak kamu pikirkan sebelumnya, jadi biar lah personil kamu mem beri saran, masukan, kritikan ( selagi dia me lakukannya dengan enak, nggak asal ngoceh & tentunya dengan alasan yang bagus ) siapa tahu dengan ide - ide gokil personil kamu Band kamu bisa menjadi maju.

SEBARKAN DEMO KAMU SECARA GRATIS
Dari pada Demo busuk lu, yang kalian anggap bagus itu di simpan di kulkas & belum ke sampain untuk di jadikan Album, lebih baik beri Kan saja secara cuma 2X kepada teman kamu terutama teman yang benar 2X peduli dengan Band kamu, & kalau bisa berikan Demo ter sebut kepada label yang biasa mengorbitkan Band menjadi terkenal.

BUAT GIGS KECIL - KECIL AN
Bikin acara yang nggak terlalu besar, yaa..! Tempatnya bisa dimana aja, kalo perlu nggak usah pake panggung yang penting dalam Gigs tersebut promosikan Band kamu secara gila - gilan & undang semua orang untuk datang, untuk melihat Aksi Band kamu yang super keren itu.

CARI KONEKSI YANG PASTI
Dari semua sumpah serapah yang di jelaskan, point terakhir ini merupakan hal yang paling penting, dekati orang 2X yang benar - benar bisa membuat Band kalian maju tapi jangan terperangkap dengan koneksi 2X yang nggak jelas, yang kadang hanya membuat Kas Band kamu menjadi bangkrut maka pintar 2X lah mencari koneksi, pokoknya lu harus jago selap - selip lah. Tapi bukan berarti mencari koneksi nya dengan cara menjilat pantat mereka ( koneksi tersebut ) karena itu sama saja men jatuhkan Harga diri a teman kamu yang jago ngedesain website.

Bikin logo yang berkarakter dan bener-bener mewakili band kamu.

- Jangan menyerah: Ingat, belajar bagaimana untuk mempromosikan band atau musik tidak terjadi dalam semalam. Berikan kurva belajar beberapa waktu. Mungkin dalam prosesnya Anda akan mengalami beberapa hambatan, tapi tetaplah semangat dan percaya akan kemampuan diri. Dan jika satu ide tidak bekerja selalu ada ide-ide yang dapat Anda coba.

Tidak dapat dipungkiri, bergabung ke dalam komunitas, menambah teman sehobi, dan berkolaborasi dengan band lain adalah cara yang penting. Dimana kamu bisa mendapat informasi-informasi penting yang dapat menguntungkan band kamu. Jadwal manggung, info label, jadwal event pengiriman demo cd, atau kamu juga bisa bertukar pengetahuan tentang penguasaan alat musik dengan teman-teman dalam komunitas tersebut.

Setelah punya band yang kompak, artinya kamu sudah punya jiwa yang kuat dalam band. Yang kedua adalah skill atau kepandaian menguasai alat musik masing-masing (bagi pemain instrument), atau menguasai teknik vocal (bagi vokalis). kepandaian menguasai alat ini ga harus jago-jago amat. Asal ngerti dasar-dasarnya aja dah cukup. Dan yang paling penting di sini, kalau kamu punya skill pas-pasan, adalah usahakan permainan lagu yang bersih walaupun skill pas-pasan. Jangan sampai ada yang fales atau salah kunci, atau out of pitch buat vokalisnya.

Usahakan walaupun cuma ngeluarin solo dan melodi yang biasa aja, maka haruslah dimainkan dengan rapi. Udah solonya gampang, masa salah pula? Jadi langkah kedua ini intinya adalah skill (baik yang udah mahir atau yang masih dasar) dipadu dengan permainan lagu yang rapi.

Lagu yang bagus dan juga kreatifitas. kamu bisa mencobanya, yang penting kompak dan semangat, dan juga permainan yang rapi dan bersih. Maka kamu harus bisa bikin lagu sendiri. Kompak udah, semangat udah ada, mainnya juga udah bersih.

Nah sekarang tinggal bikin lagu sendiri. Lagu bagus tidak selalu lagu yang pake skill gila-gilaan. Bukan juga lagu yang ramai instrument, ingat hanya dengan gitar dan vokal saja, lagu bagus sudah bisa tercipta. Aransemen dan kreatifitas loe diuji disini. Misalnya bagaimana intro, reff, solo. Bagaimana fill-in masuk ke reff, apa memakai fill-in drum, solo gitar, atau polos tanpa variasi masuk ke reff. Lagu polos/simple bukan berarti jelek. Bahkan lagu-lagu yang simple namun iramanya enak, itulah lagu yang memiliki kekuatan pasar. Jujur, Saya disini membicarakan “music for sale”, bukan “music for soul”. Jadi maaf untuk band-band yang kurang setuju

Beberapa contoh lagu simple namun memiliki kekuatan dan mampu menarik konsumen Indonesia: Vierra (dengarkan curhatku), Five minutes (SKSJ), D’masiv (Merindukanmu). Contoh lagu-lagu ini tidaklah menggunakan skill yang sulit dari segi instrument. Hanya menggunakan skill dasar, namun aransmen, nada, lirik, dan iramanya yang menjadikan lagu-lagu di atas sukses di mata konsumen Indonesia.

Setelah lagu sudah punya (utamakan kualitas, dari pada kuantitas). Jangan lagu banyak-banyak, tapi tidak memiliki kualitas dan nilai jual. Setidaknya ada yang bikin orang tertarik dari lagu loe, entah reffnya, liriknya, videonya, intronya, solonya, aransemennya, atau apa aja yang bisa membuat orang senang salah satu atau lebih bagian lagu loe. Sebelum membuat lagu, pikirkanlah dulu untuk siapa lagu itu dibuat. Ingat disini kita berbicara tentang “Music for sale”.

Jadi targetkan dulu pasar yang akan kita masuki. Misalnya lagu tentang persahabatan, targetnya adalah remaja. Lagu tentang politik, targetnya untuk orang dewasa. Lagu ber-skill tinggi, targetnya untuk para band yang suka festival. Lagu cinta, targetnya untuk kaum hawa kebanyakan. Kemudian jangan melupakan aliran pasar. Kalau pasar label sedang menginginkan lagu pop tentang perselingkuhan, gunakan kesempatan itu untuk maju. Bikin lagu yang sesuai dengan tema itu, dan berikan pada label. Alamat tentang label bisa di cari di internet. Jadi intinya, selain membuat lagu untuk band loe sendiri, perbanyak juga lagu untuk pasar.

Semoga tips ini dapat membantu band-band tanah air, yang juga akan ikut serta dalam memajukan musik dalam negeri. Musik Indonesia sudah dikenal di beberapa negara Asia, seperti Malaysia, Brunei, Thailand, dll. Seperti Padi juga sudah sampai ke Amrik (walaupun karena sponosornya, tapi tetep aja kita harus bangga).

Semoga makin banyak lagi musisi dalam negeri yang mengharumkan musik Indonesia di luar negeri. Aamiin

Salam Jabat Erat & Bravo Musik Indonesia

*Berbagai Sumber
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips Jadi Band Terkenal Rating: 5 Reviewed By: Warta Terbeken
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...