728x90 AdSpace

Info Terkini
loading...
Thursday, 4 August 2016

Peran Orang Tua Terhadap Anak

Mendidik anak merupakan salah satu peran keluarga terhadap anak. Khususnya, peran orang tua terhadap anak, yaitu salah satunya melalui pendidikan.


Orang tua tidak boleh menganggap bahwa pendidikan itu hanya tanggung jawab sekolah saja.

Pendidikan merupakan salah satu usaha manusia untuk membina kepribadiannya agar sesuai dengan norma-norma atau aturan di dalam masyarakat. Setiap orang dewasa di dalam masyarakat dapat menjadi pendidik.

Hal ini didukung bahwa mendidik adalah suatu perbuatan sosial yang mendasar untuk pertumbuhan atau perkembangan anak didik menjadi manusia yang mampu berpikir dewasa dan bijak.

Peran keluarga terhadap anak dimulai dari orang tua sebagai lingkungan pertama dan utama dimana anak berinteraksi sebagai lembaga pendidikan yang tertua. Artinya, di keluarga lah dimulainya satu proses pendidikan dan orang tua berperan sebagai pendidik bagi anak-anaknya.

Kemudian, lingkungan keluarga juga disebut lingkungan yang paling utama dalam proses pendidikan pada anak sehingga pendidikan yang paling banyak diterima adalah saat berada dalam keluarga.

Fungsi peran keluarga terhadap anak dalam hal pembentukan kepribadian anak di rumah, yaitu sebagai berikut.
  1. Sebagai pengalaman pertama masa kanak-kanak.
  2. Menjamin kehidupan emosional anak.
  3. Memberikan dasar pendidikan sosial.
  4. Meletakkan dasar pendidikan agama.
  5. Bertanggung jawab dalam memotivasi dan mendorong keberhasilan anak
  6. Memberikan kesempatan belajar dengan mengenalkan berbagai ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang berguna bagi kehidupan kelak, sehingga ia mampu menjadi manusia dewasa yang mandiri.
  7. Menjaga kesehatan anak sehingga ia dapat dengan nyaman dan antusias melaksanakan proses belajar yang lengkap.
  8. Memberikan kebahagiaan dunia dan akhirat dengan diajarkan pengertian mengenai takwa kepada Tuhan YME yang merupakan tujuan akhir manusia.
Fungsi peran keluarga terhadap anak dalam mendukung pendidikan anak di sekolah:
  1. Orang tua bekerja sama dengan sekolah.
  2. Sikap anak terhadap sekolah sangat dipengaruhi oleh sikap orang tua terhadap sekolah.
  3. Orang tua menunjukan kerjasama dalam menyerahkan cara belajar di rumah.
  4. Orang tua dan guru bekerja sama mengatasi kesulitan belajar anak.
  5. Orang tua bersama anak mempersiapkan jenjang pendidikan yang akan dimasuki dan mendampingi selama menjalani.
Untuk dapat menjalankan fungsinya dan menunjukkan peran keluarga terhadap anak, secara maksimal, orang tua tentulah harus mempunyai kualitas diri yang juga memadai. Hal ini sangat penting agar anak-anak bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan.

Pada dasarnya, orang tua haruslah memahami peran dan hakikatnya sebagai orang tua dalam membesarkan anak-anaknya. Termasuk di dalamnya yaitu membekali diri dengan ilmu. Ilmu tersebut mencakup beberapa macam, yaitu ilmu tentang pola pengasuhan yang sesuai, tentang pendidikan bagi anak, dan ilmu perihal tumbuh kembang anak.

Bentuk pendampingan orang tua dalam proses pendidikan anak diwujudkan dalam cara-cara orang tua mendidik anak mereka.

Hal inilah yang disebut sebagai pola asuh. Tentunya, setiap orang tua akan berusaha untuk menggunakan cara-cara terbaik dan menurut mereka pantas untuk mendidik anak.

Peran Orang tua terhadap anak sangat besar karena waktu banyak dihabiskan bersama orang tua di rumah maka dari itu orangtua perlu berperan aktif untuk perkembangan anak dari masa ke-masa hingga anak sudah dewasa dan menjadi pribadi yang bijaksana. (PRP)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Peran Orang Tua Terhadap Anak Rating: 5 Reviewed By: Warta Terbeken
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...