728x90 AdSpace

Info Terkini
loading...
Monday, 29 August 2016

Sebelum Memelihara Monyet

Meski banyak orang lebih tertarik untuk memelihara kucing, hamster, kelinci, anjing, dan hewan-hewan peliharaan familiar lainnya, ternyata masih banyak lho yang tertarik memelihara hewan jenis lain. Monyet misalnya.

Bagi sebagian orang membayangkan memelihara primata yang secara fisik hampir mirip manusia ini saja sulit, apalagi memeliharanya. Namun, bagi sebagian lain memelihara monyet justru menghadirkan tantangan tersendiri.


Nah, apakah kamu termasuk di dalamnya? Jika iya, yuk simak tips berikut ini:

1. Perhatikan Ukuran Kandang

Sesuai kodratnya sebagai hewan yang hidup di alam bebas, monyet merupakan hewan yang aktif dan memerlukan banyak latihan. Karenanya, membuatkan kandang berukuran kecil untuk si aktif ini adalah hal yang sia-sia. Alih-alih menikmati ‘rumah baru’-nya, monyet justru akan tidak betah berada di dalam kandangnya.

Oleh sebab itu, buatkan kandang yang aman dan luas untuknya. Ini memungkinkan si aktif lebih leluasa bergerak dan bermain di kandangnya. Di samping itu, kandang yang luas pun akan mempermudah kita merawat si aktif ini. Selain itu, penting untuk menjaga kebersihan kandang si aktif, agar ia tak mudah terserang penyakit.

2. Perhatikan Jenis Makanan dan Jumlahnya

Seperti yang kita ketahui, monyet merupakan penikmat buah, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan. Berikan asupan yang cukup dan berimbang pada monyet kita dengan jenis dan kadar yang tepat agar ia selalu sehat. Meski monyet pemakan buah dan sayur, tak ada salahnya jika sesekali kita memberikan kadal untuk memenuhi kebutuhan proteinnya.

3. Rutin Cek Kesehatan

Seperti halnya manusia, monyet pun harus senantiasa dijaga kesehatannya. Oleh karenanya, bawalah monyet kita ke dokter secara rutin untuk memeriksa kesehatannya, minimal setahun sekali.

Penting untuk diketahui bahwa tak semua dokter hewan benar-benar memahami monyet dengan baik. Untuk mengantisipasi kesulitan perawatan medis dalam memelihara monyet, cari tahu lokasi dokter hewan terpercaya sebelum memutuskan memelihara primata yang satu ini.

4. Jaga Komitmen

Sama halnya dengan hewan peliharaan lain, monyet pun butuh perhatian dan kasih sayang dari sang tuan. So, jika sudah berkomitmen untuk memelihara monyet, jagalah komitmen itu.

Hal ini penting, karena monyet tergolong makhluk yang suka bersosialisasi. Monyet membutuhkan rangsangan mental berupa interaksi dengan sang tuan secara rutin. Jika tidak, ia akan murung, tidak agresif, dan cenderung lebih mudah sakit. (Prp/Terbeken)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Sebelum Memelihara Monyet Rating: 5 Reviewed By: Warta Terbeken
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...