728x90 AdSpace

Info Terkini
loading...
Thursday, 18 August 2016

Tips Hemat Baterai Smartphone

Dinamis dan multitasking support, setidaknya dua hal inilah yang menjadi keunggulan smartphone dibanding handphone konvensional pada umumnya.

Ya, dengan beragam fitur mumpuni yang bisa menunjang keseharian kita yang dinamis dan serba cepat, smartphone memang terbilang bisa diandalkan, sehingga kini ia menjadi kebutuhan bagi hampir semua kalangan.

Sayangnya, dengan beragam keunggulan yang dibawanya, smartphone terbilang boros daya ketimbang handphone biasa. Inilah mengapa kapasitas dan daya tahan baterai menjadi hal yang penting dperhatikan sebelum membeli sebuah smartphone.

Benar memang bahwa kini beberapa smartphone dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar dan diklaim mampu menunjang aktivitas seharian para penggunanya.

Namun, kadang meski kapasitas baterainya terbilang sudah cukup besar, banyak pengguna yang masih saja merasa tidak cukup karena daya pada baterai tersedot sangat cepat. Apakah dirimu juga merasakannya, Dear?

Nah, berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menghemat daya baterai smartphone agar mampu bertahan lebih lama:

1. Manfaatkan Fasilitas Wi-Fi Semaksimal Mungkin

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk menghemat daya baterai pada smartphone adalah dengan memaksimalkan pemanfaatan fasilitas Wi-Fi yang tersedia di lokasi-lokasi hotspot.

Penting utnuk diketahui, perpindahan koneksi 3G ke 2G dan sebaliknya yang berlangsung secara terus-menerus adalah agen utama penyedot kapasitas baterai.

Untuk itu, jangan lupa untuk selalu memaksimalkan penggunaan Wi-Fi di lokasi-lokasi hotspot semisal rumah dan kantor ya.

2. Matikan Fitur-fitur yang Tidak Sedang Digunakan

Lupa mematikan fitur Wi-Fi, GPS, atau Bluetooth di smartphone kita saat tidak digunakan biasa menjadi hal kedua penyebab borosnya baterai smartphone.

Ingat, fitur-fitur seperti Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth akan tetap menguras daya baterai ketika dibiarkan terus aktif meski tidak digunakan. Oleh karenanya, mematikan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth ketika tidak digunakan bisa menjadi trik mudah menghemat daya baterai smartphone.

3. Siasati dan Sesuaikan Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar menjadi hal berikutnya yang bisa kita sesuaikan untuk menghemat daya baterai.
Tingkat kecerahan layar selal berbanding lurus dengan daya yang digunakan.

Inilah mengapa semakin tinggi tingkat kecerahan layar, akan semakin cepat pula daya baterai terhisap.

Jangan lupa juga untuk mengatur setting kecerahan layar dengan setting manual, karena setting otomatis akan menggunakan sensor cahaya yang menguras baterai.

4. Gunakan Gambar Wallpaper Statis dan Minimalkan Penggunaan Widget

Meski menarik, penggunaan wallpaper animasi atau live wallpaper juga cukup efektif menyedot daya baterai lho! Demikian juga halnya dengan widget-widget yang membutuhkan update data dari internet.

5. Seleksi Lagi Aplikasi yang Digunakan

Dilandir dari lembaga survei AVG, aplikasi jejaring sosial dan game adalah agen terpopuler untuk soal menguras daya baterai.

Untuk itu, cobalah lebih selektif dalam mempergunakan aplikasi, Dear. Jangan lupa juga untuk mematikan fungsi notifikasi dan membatasi interval auto refresh untuk aplikasi yang berjalan.

6. Manfaatkan Fitur Penghemat Baterai Bawaan

Untukmu yang memiliki smartphone dengan fitur bawaan ini, jangan lupa dimaksimalkan! Fitur ini akan secara efektif menghemat daya baterai dan membuat handphone kta sandby lebih lama. (Prp/Terbeken)
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips Hemat Baterai Smartphone Rating: 5 Reviewed By: Warta Terbeken
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...